Beranda Pemerintah Wow..!!!,,, Dinas P.U Punya Program Brillian Gem Bom 100-0-100

Wow..!!!,,, Dinas P.U Punya Program Brillian Gem Bom 100-0-100

80
0

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Setiap Pemerintah dimanapun itu, selalu saja berfikir agar bagaimana cara mereka melihat masyarakat di Wilayah hukumnya, bisa sejahtera atau hidup bahagia. Begitupun juga yang tengah dijalankan berdasarkan program “Pusat” Namun ikut pula diterapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Yakni Terkait Tentang “Gerakan Masyarakat Bombana 100 Persen Sanitasi Layak, 0 Persen Pemukiman Rumah Kumuh dan 100 Persen Air Bersih. Dimana menurut Kepala Dinas P.U dan Tata Ruang Kota Bombana (Drs. Man Arfa M.Si) Menilai Program ini sangat penting. Sebab, bersentuhan langsung ke-Masyarakat katanya jum’at 26/April/2018 di ruang kerjanya.

Itu Sebenarnya program Nasional. Namun kami juga benar-benar terapkan di Daerah. Sebab ini memang berbasis Langsung ke-Masyarakat. Jadi yang saya inginkan program ini, masyarakat yang langsung kelolah. Dan kebetulan programnya memang seperti itu. Termasuk juga PAMSIMAS. Itu tujuanya juga sama. Yaitu bagaimana cara memperdayakan masyarakat itu sendiri”, Jelasnya.

Jadi lanjut Dia, PAMSIMAS atau Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, Diharuskan memang untuk buat Kelompok Masyarakat yang Berbasis Swadaya. Dengan nama, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Nah, nantinya masyarakat sendiri yang akan merencanakan, masyarakat sendiri pula yang akan mengerjakanya. Tambahnya, jadi dengan begitu, masyarakat akan merasa memiliki.

Beda halnya dengan MCK (Mercuar Cipta Karya), yang sengaja dibuat 1 tempat dan diperuntukan bagi masyarakat secara “Komunal”. Namun, umumnya kebiasaan buruk di tengah masyakat kita, kalau (MCK) sudah jauh dengan rumahnya, mereka sudah malas kesitu “Buang Air”, Mendingan pake yang MANUAL. Sehingga Lagi-lagi (MCK) Nya pasti tidak akan Terawat. Pasalnya, Dilatarbelakangi tidak adanya rasa memiliki, Ujar Man Arfa Sembari Tertawa.

Maka Lanjut Man Arfa, Nantinya dari kelompok tadi (KSM), akan dibuatkanlah Rekening kelompok. Jadi Uang Bantuan yang dari “Pusat”, akan langsung masuk ke-Rekening Masing-masing kelompok penerima bantuan. Sebab, Rata-rata penerima bantuan dari Dinas (P.U) itu, hanya diperuntukan bagi yang masuk ke dalam program PAMSIMAS baik Desa maupun dari Kelurahan.

Tahun ini ada 10 desa dari 7 kecamatan yang berada di kabupaten bombana. Untuk disini, ada Desa Hukaea, Pasare Apua, Tontonunu, dan Kelurahan Pulemo. Adapun yang lainya, ada juga di Pulau Kabaena. Akan tetapi sambungnya, kedepan program pemerintah akan menjadikan semua Desa, ke dalam program DESA PAMSIMAS”, Tutupnya. (w/b)

Pewarta : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here