Beranda ASPIRASI Terkait Tuntutan Massa Aksi Mata Oleo, Ini Penjelasan Pihak Perusahaan

Terkait Tuntutan Massa Aksi Mata Oleo, Ini Penjelasan Pihak Perusahaan

206
0
Demonstrasi di DPRD BOMBANA soal pembangunan smelter
Demonstrasi di DPRD BOMBANA soal pembangunan smelter

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Massa aksi yang dipelopori Aliansi Pemerhati Masyarakat Mata Oleo (APMM), Senin 7/Mei/2018 gelar demonstrasi ke-Pemerintah Daerah Bombana, terkait pembangunan Semelter yang terletak di Kecamatan Mata Oleo, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk Pemurnian Besi dan Nikel.

Adapun tuntutan massa aksi melalui Koordinator Lapangan (Korlap)  Zainal Menegaskan diantaranya, terkait izin tambang tersebut, jalan poros Mata Oleo agar segera diperbaiki, dan meminta terhadap DPRD Kabupaten Bombana, agar bisa me-mediasi dan mempertemukan dengan pihak perusahaan.

Massa aksi demonstran yang berawal dari Kantor Perizinan, Lanjut ke-Kantor Bupati, hingga Finish di Kantor DPRD Bombana. Setelah orasi beberapa saat, Hearing (Rapat Dengar Pendapat) terjadi. Alhasil, maka diputuskanlah dari pihak DPRD Komisi I turun langsung investigasi ke-lapangan untuk melakukan pengecekkan dan melihat secara langsung sejauh mana kegiatan perusahaan PT. Artamining Industri yang dimaksud.

Nah, setelah itu besoknya hari ini Selasa 8/Mei/2018, Dari Komisi I DPRD Bombana, Hasrat dan Makmur turun langsung kelapangan Investigasi, serta tatap muka secara langsung baik dari perusahaan begitupun dengan masyarakat bahkan dihadiri pula dari (KORLAP) APMM beserta rekan-rekanya.

Proses Mediasi antara Masyarakat Mata Oleo dan Pihak Perusahaan (PT. Artamining Industri) Oleh Komisi I DPRD Kabupaten Bombana - Sultra
Proses Mediasi antara Masyarakat Mata Oleo dan Pihak Perusahaan (PT. Artamining Industri) Oleh Komisi I DPRD Kabupaten Bombana – Sultra. Selasa 8/Mei/2018

Hasil pertemuan tersebut, pihak perusahaan mengungkapkan, kegiatan disana memang sejauh ini belum ada yang dilakukan oleh mereka, sahut masyarakat membenarkan pernyataan tersebut. Kata mereka (Perusahaan), sejauh ini baru dalam bentuk peninjauan lokasi. Bahkan, dari HUMAS PERUSAHAAN dan perangkat lainya masih menginap di rumah warga setempat Desa Liano, Kecamatan Mata Oleo, Kabupaten Bombana.

BACA JUGA :  Kunjungan (Pj) Gubernur Sultra: Jangan Hanya Jalan Provinsi Yang Mulus

Lewat kesempatan itu pula, di hadapan Tokoh Masyarakat, pihak keamanan (Koramil dan Babinsa), Anggota DPRD Komisi I dan Mahasiswa (APMM), mereka menegaskan bahwa keberadaan Perusahaan PT. Artamining Industri, kedepanya akan membuka lapangan kerja baru bagi masyrakat Bombana khususnya Kecamatan Mata Oleo itu sendiri.

“Kami berdasarkan instruksi dari pimpinan kami yang di pusat, penerimaan tenaga kerja nantinya akan di prioritaskan bagi masyarakat Bombana khususnya Kecamatan Mata Oleo. Sebab, keberadaan kami disini tidak lain untuk membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat. Itu Komitmen Pimpinan dan Komitmen Perusahaan”, Tegas Agus selaku Humas.

Jelasnya, perusahaan PT. Artamining Industri selama ini dimanapun berada dalam kinerjanya selalunya melibatkan masyarakat lokal, dan ini bisa saja dicek di daerah lain yang dimasuki PT. Artamining Industri. Pasalnya, Misi Perusahaan adalah bagaimana agar daerah tempat mereka berada, bisa maju dan berkembang. Apalagi dari segi ekonominya, tandas Mas Agus sapaan akrabnya.

Tambah Mas Agus, bahkan dalam waktu dekat, dari pihak Perusahaan akan melakuakan pertemuan sekaligus sosialisasi baik itu masyakat setempat, begitu juga masyarakat yang lahanya masuk dalam area perusahaan. Tak lupa pula akan dihadirkan pemerintah. (w/b)

Pewarta : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here