Beranda Wisata Tafdil Resmikan Pulau Kondo Sebagai Destinasi Wisata Baru

Tafdil Resmikan Pulau Kondo Sebagai Destinasi Wisata Baru

104
0

WONUABOMBANA.COM, POLBAR – Bupati 2 (dua) periode Bombana H. Tafdil SE. MM resmikan Destinasi Wisata Pulau Kondo, yang menarik, eksotis nan memukau (Sabtu, 16-12-2017) di Desa Ranokomea, Kecamatan Poleang Barat (Polbar) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Peresmian ini, bertepatan dengan kegiatan (Dinas Pariwisata dan Perikanan) Kabupaten Bombana dalam rangka menambah jumlah “Wisata” agar bisa mengundang minat pengunjung Wisatawan bukan hanya dari Bombana, melainkan dari luar Bombana juga.

Dengan Tema : “Sosialisasi Sapta Pesona Dan Launching Sadar Wisata”

Kegiatan ini adalah waktu yang paling tepat, pasalnya disamping Kegiatan Dinas terkait, juga merupakan momen paling bersejarah bagi Kabupaten Bombana yaitu Merayakan Ulang Tahun Yang (Ke-14) setelah menjadi daerah Otonom, pisah dari Kabupaten Buton.

H. Tafdil sangat mendukung dengan adanya wisata baru di Kabupaten Bombana. Dan Pulau Kondo akan menjadi wisata ke-2 (dua) kabupaten Bombana setelah Tangkeno yang ada di Kabaena, teranganya.

“Kedepannya akan kita tambah satu lagi objek wisata yang akan diprogramkan. yaitu yang berada di daratan Rumbia. entah itu Permandian Air Mendidih Tahi Ite, ataukah Desa Wisata/kampung adat Hukaea Laea. Akan tetapi masih perlu dikaji dulu, dan ini dipastikan jadi”, Ujarnya.

Menurut Tafdil (Bupati) Bombana, pembangunan pariwisata memang tidak bisa sekaligus atau serentak. Melainkan harus fokus dulu satu tempat, setelah itu pindah ketempat lain seperti daratan rumbia tentunya.

“Pembangunan pariwisata itu sistimnya bertahap tidak bisa sekaligus. Sebab bila secara bersamaan semuanya tidak akan ada yang jadi-jadi” Kata Tafdil.

Sehingga di Kabupaten Bombana nantinya akan terdapat 3 (Tiga) tempat wisata. Pertama Kabaena (Tangkeno) Poleang (Pulau Kondo), dan Rumbia Nantinya Entah (Permandian Air Mendidih Tahi Ite), Ataukah di Desa/kampung adat Hukaea-Laea.

Jadi dengan begitu, Wilayah-wilayah penunjang Kabupaten Bombana sudah memiliki Destinasi  Wisata masing-masing itu yang kita harapkan, Ujar Bupati Bombana yang juga dikenal bermasyarakat.

Namun, Destinasi Pulau Kondo sendiri sebenarnya memang sudah direncanakan untuk menjadi tempat wisata khususnya daratan (Poleang). Dan Pulau Kondo akan “Terintegrasi” dengan 3 (Tiga) tempat, sebelum pada akhirnya tiba di tempat itu.

BACA JUGA :  Kadis Pariwisata Bombana, Ucapkan Terimah Kasih Kepada Camat Dan Kades Polbar

Pertama, Pulau Kondo sendiri, kedua tahun 2015 lalu di desa Ranokomea sudah di bangun Taman Teknologi Pertanian (TTP), dimana disiapkan bagi masyrakat dan semua pihak yang ingin belajar tentang teknologi Pertanian, dan yang ketiga Pulau La Ponu-Ponu merupakan danau yang tidak pernah kering sepanjang musim serta terdapat banyak ikan air tawarnya.

Sambungnya, sehingga nantinya Wisata di Poleang, akan terdapat 3 komponen yang saling menguatkan, ada Wisata Makro, Ada Wisata Danau, dan terakhir ada Wisata Pantainya.

“Jadi orang sebelum tiba ke (Pulau Kondo), terlebih dulu akan lewat ke (TTP) bisa saja mau beli buah apa saja yang di inginkan dan selanjutnya bila hendak ingin menikmati ikan bakar air tawar seperti Ikan Mujair, Ikan Gurame dll, Tinggal Singgah saja di Pulau La ponu-ponu. Setelah itu barulah tiba ke Wisata pantai (Pulau Kondo) Untuk selfi-selfi seperti itulah konsepnya, Jelasnya sembari tersenyum.

Dan ini bisa jadi mengundang niat pengunjung terutama Kabupaten tetangga (Kolaka). “Saya akan terus mempromosikan palau Kondo, seperti halnya (PT. ANTAM) disana sangat banyak karyawanya, bila kita bisa tarik kesini dalam seminggu, di tambah lagi dengan Bandara yang terletak di Tangketada tidak jauh dari (Desa Ranokomea) saya kira ini cukup baik dan inilah yang kita harapkan”, paparnya.

Menurutnya, dengan berwisata, perasaan kita akan senang dan akan memberikan kita gairah hidup. Kalaupun kita tidak dapatkan itu, berarti ada yang perlu dibenahi. Untuk itu dirinya Intruksikan Kepada Camat (Polbar) dan kepala desa (Ranokomea) agar bisa menanam pohon pelindung. Agar pulau kondo akan semakin terlihat indah dan membuat nyaman para pengunjung.

Bahkan didepan semua yang hadir baik itu dari¬†berbagai tokoh masyarakat, pihak pengamanan TNI dan Kepolisian Bombana, “Dia” tak lupa mengucapkan terima kasih dan memberikan sanjungan atas partisipasi (Dinas Pariwisata) Bombana yang telah mensukseskan jalanya kegiatan begitupun “Sponsor”. diapun akui kalau kesibukan (Kadis) Pariwisata Bombana mulai dari bulan (September-Desember) hampir tidak punya waktu buat keluarga kata Tadfdil, Sambil Tertawa ringan disertai Sorakan dan Tepuk Tangan Dari Semua yang hadir. (w/b)

BACA JUGA :  Taman Nasional Wakatobi

Pewarta : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here