Beranda ASPIRASI SOPAN Menolak Masuknya Korporasi Retailer Alfa Mart dan Alfa Midi di Bombana

SOPAN Menolak Masuknya Korporasi Retailer Alfa Mart dan Alfa Midi di Bombana

91
0
Ilustrasi

WONUABOMBANA.COM, Solidaritas Pengusaha Anak Negeri (SOPAN) dengan tegas menolak rencana masuknya Korporasi Retailer Alfa Mart dan Alfa Midi di Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara.

Penolakan itu, disampaikan dalam bentuk pernyataan sikap yang ditandatangani puluhan pemilik toko dan pemilik kios yang selama ini menggantungkan hidupnya dalam sektor usaha kelontong dan kebutuhan penting lainnya.

Bukan berarti tanpa alasan menurut H. Ancu Toko Sarita pemilik Toko Kelontong yang telah bergerak disektor usaha sembilan bahan pokok setelah membuka usaha 20 tahun lebih, menurutnya jika pemerintah Kabupaten Bombana memberikan Izin masuknya Korporasi Alfa Mart dan Alfa Misi, itu sama saja mematikan pengusaha lokal secara perlahan-lahan.

“Bayangkan baru korporasi Indomaret yang beroperasi sejak tiga Tahun lalu tepatnya 2017, sudah ratusan usaha kecil (Kios) di Kabupaten Bombana yang gulung tikar dengan membuka 13 gerai (Toko) Indomaret yang tersebar dari Kecamatan Lantai Jaya sampai Kecamatan Poleang Barat. Nah bagaimana jika Alfa Mart atau Alfa Midi masuk di Kabupaten Bombana?, bisa dibayangkan kita akan gulung tikar semua”, imbuh H. Ancu.

Mereka juga telah melakukan survey, untuk kebutuhan pokok dan bahan penting lainnnya, harga jual di Indomaret masih jauh lebih tinggi ketimbang penjual lokal. Hanya saja kelebihannya disana, Full AC sehingga membuat konsumen senang berbelanja meskipun harganya terbilang mahal.

H. Ancu menambahkan, jika alasan untuk kepentingan investasi, masih banyak kok daerah di Indonesia yang tidak memberikan izin masuknya Korporasi Retailer besar demi untuk melindungi pengusaha lokal. Misalnya di Medan, dan di Sultra sendiri seperti Kabupaten Kolaka. Disana sampai hari ini kita tidak melihat ada gerai toko retailer besar.

Ada beberapa poin-poin yang tertuang dalam pernyataan sikap SOPAN Terhadap pemerintah Bombana diantaranya:

  1. Menolak masuknya Korporasi Retailer Alfamidi dan Alfa Mart di Kabupaten Bombana.
  2. Meminta kepada pemerintah Kabupaten Bombana untuk tidak memberikan izin pembukaan gerai outlet/Toko Alfa Mart dan Alfa Midi atau Korporasi Retail lainnya.
  3. Memberikan perlindungan kelangsungan usaha pedagang pemilik Toko lokal yang usahanya bergerak dalam sektor perdagangan sembako dan kebutuhan penting lainnya.
BACA JUGA :  Banyak Gunung Kabaena Gundul, Amsar: Bupati Bombana Tidak ada Perhatian

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here