Beranda Edukasi Puskesmas Rumbia, Gelar Sosialisasi “Kesehatan” Tahunan

Puskesmas Rumbia, Gelar Sosialisasi “Kesehatan” Tahunan

85
0

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Puskesmas Rumbia, yang terletak di Ibukota Kabupaten Bombana, (Sultra), menggelar sosialisasi tahunan/Rapat Lintas Sektor Tingkat Kecamatan Bidang Kesehatan, yang berlangsung di Kantor Camat Rumbia, Rabu 28/3/2018. Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan, Ujar (Rahmat, AMK) Sebagai Kepala Puskesmas (Kapus) Rumbia.

Menurutnya, kesehatan itu sangat penting dalam kehidupan kita. Sehingga mengingat akan pentingnya “Kesehatan”, terutama bagi Pelajar,  Generasi muda, dan Masyarakat, Maka Rapat Sosialisasi ini selalu dihadirkan semua tokoh perwakilan dari masyarakat maupun semua Stakeholder yang berada dilintas sektor Rumbia.

Dengan begitu, masyarakat akan lebih memahami dan menyadari akan pentingnya kesehatan. “Seperti penyuluhan di sekolah-sekolah, itu penting. Sebab, sekarang ini anak sekolah/remaja sudah banyak menggunakan obat terlarang seperti (Narkoba). Alasannya, diingatkan saja masih juga terkadang ada yang menggunakan. Gimana kalau tidak sama sekali?. Dan itu tetap akan kami lakukan. Pasalnya, itu sudah merupakan Petunjuk/Program kami”, Tambahnya.

Bahkan menurutnya, pernah ada Guru yang mengatakan kalau Program “Puskesmas” Begitu-begitu terus. Namun Jelas Rahmat, Penyuluhan itu Akan terus dilakukan terhadap remaja maupun anak sekolah seperti (SLTP/MTsN – SMA/Sederajat) Karena Apa?, Itu Sudah Tugas Mereka (Puskesmas) Katanya, untuk terus melakukan Penyuluhan dan Mengingatkan akan Bahaya “Aids”, serta Bahaya Penggunaan Obat NAPZA (Narkotika & Sejenisnya) terhadap remaja kita. Sebab, remaja adalah aset penerus bangsa, Tegas Rahmat.

Dan penyuluhan ini, bukan hanya berlaku terhadap anak sekolah usia remaja saja. Melainkan anak SD pun juga tetap dilakukan penyuluhan. Akan tetapi, penyuluhan terhadap SD sedikit berbeda. Selain memaparkan apa itu kesehatan sejak dini, juga lebih ditekankan lewat makanan yang sehat itu seperti apa.

“Untuk itu, soal makanan kami sengaja mengambil sampel ke anak SD. kenapa?, Sebab anak SD mereka itu masih Polos/jujur. Contoh: kami bekerja sama dengan pihak guru, khususnya anak kelas (1), semua SD di Kecamatan Rumbia kami intruksikan agar membawa garam yang dipakai di rumahnya. Nah, nanti setelah garamnya dibawah kesekolah, barulah garam itu diperiksa apakah garamnya layak dikonsumsi atau tidak? “, Jelas Rahmat di ruang kerjanya, kamis 29/3/2018.

BACA JUGA :  Kunjungan (Pj) Gubernur Sultra: Jangan Hanya Jalan Provinsi Yang Mulus

Adapun untuk masyarakat, terkhusus buat ibu hamil, saat ini diharuskan melahirkan di Puskesmas atau di-Rumah Sakit. Sebab, ini untuk mewujudkan Program Nawacita Presiden.

“Dianjurkan bagi ibu hamil, harus aktif berkonsultasi dengan petugas kesehatan yang ada. Apalagi bila sudah dekat waktu persalinan, jangan mendadak. Jadi kalaupun mau dijemput kami siap menjemput dan tanpa biaya. Biarpun tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau JAMKESDA, dari PUSKESMAS RUMBIA, ada yang namanya JAMPERSAL (Jaminan Persalinan). Jadi tidak perlu ragu akan ini itu lagi”, Paparnya.

Namun kata Rahmat, semua itu tidak akan tercapai bila tidak dibantu oleh kita semua. Terutama bagi Kepala Desa, Lurah, Babinsa Maupun Babinkamtibmas. “Sebab, bila hanya kami dari SIPIL yang turun langsung ke masyarakat tanpa dibantu dari pemerintah setempat terutama Babinsa dan Babinkamtibmas, saya kira agak sulit. Pasalnya, mengahadapi masyarakat harus sedikit ada ketegasan. Apalagi ini akan terpulang dengan lingkungan mereka dan diri mereka sendiri”,.

Lebih Jauh Rahmat,AMK (Kapus Rumbia) mengungkapkan, Alhamdulillah Program Penyuluhan ini, sudah merupakan agenda tahunan Puskesmas Rumbia. Yakni dilakukan sebanyak 4 kali dalam setahun. Yaitu pada bulan Februari-Mei-Agustus, dan November. Bahkan Dia juga sangat berterima kasih terhadap semua tamu undangan yang telah berkenan hadir. Diantaranya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Guru (SLTP/MTsN-SMA), Babinkamtibmas, juga tidak kalah Pentinganya atas kehadiran BABINSA Setempat, Tutupnya. (w/b)

Pewarta : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here