Beranda Daerah Pererat Hubungan Antar Umat Beragama, Kesbangpol Gandeng FKUB

Pererat Hubungan Antar Umat Beragama, Kesbangpol Gandeng FKUB

118
0
Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Bombana di Kantor Kecamatan Lantari Jaya, Jum'at 24/8/2018
Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Bombana di Kantor Kecamatan Lantari Jaya, Jum'at 24/8/2018

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, dalam menjalankan fungsinya mereka tidak tinggal diam. Dimana untuk diketahui bila Kantor Kesbangpol sendiri adalah suatu Instansi yang sangat vital terkait urusan kemasyarakatan dalam hidup bersosial.

Sehingga, untuk menjalakankan sesuai fungsinya, Kesbangpol Bombana juga ikut serta menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten. Dengan tujuan, agar bisa bekerja sama merajut kebersmaan, dan kesatuan beragama dalam bingkai Bihneka Tunggal Ika, Berbeda-beda, Tapi Tetap Satu.

Namun, untuk menggelar sosialisai publik secara terbuka ini, mesti melibatkan unsur pemerintah setempat. Disamping itu, diantara semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Bombana, akan dilihat Kecamatan mana yang lebih majemuk umat beragamanya, begitu juga Sukunya.

Nah, sementara diantara semua Kecamatan yang berada di Kabupaten Bombana, Kata Kepala Badan Kesbangpol Andi Bahtiar yang baru saja dilantik sekira tahun lalu, Kecamatan Rarowatu Utara dan Kecamatan Lantari Jaya, adalah tempat yang sangat tepat untuk dilakukan sosialisai terkait Wawasan Kebangsaan. Begitupula yang tidak kalah pentingnya terkait hubungan saling toleransi, harmonisasi anatara satu dengan yang lainnya, hanya berada di Kedua Kecamatan itu.

“Sosialisasi wawasan kebangsaan itu yang terdiri dari 4 pilar yakni, ┬áPancasila, Undang-undang Dasar, NKRI, dan Bihneka Tunggal Ika. Pertimbangan kami ambil titik disanakan boleh dikata terdiri dari beberpa Suku dan agama disistu ada. Jadi Potret Indonesia ada dikedua Daerah itu yaitu Kecamatan Rarowatu Utara, dan Kecamatan Lantari Jaya”, uraiannya.

Jadi setiap Desa, Kelurahan, dan Kecamatan jelas Kepala Badan, diminta perwakilan sebanyak 5 orang. Ikut juga diundang dari Pemda (Sekda) Bombana, serta Perwakilan Kepolisian Resort Bombana diwakili dari (Binmas) kegiatan dibulan kemarin.

BACA JUGA :  Tabligh Akbar di Poleang, Bupati Menyampaikan Beberapa Poin Penting

Itu kegiatan pertama di Kecamatan Rarowatu Utara, namun kemarin (jum’at 24 Agustus 2018) Kesbangpol Bombana kembali menggelar sosialisasi mengenai Wawasan Kebangsaan yang tidak lepas dari 4 pilar, dimana makna dari ke Empat pilar yang termaktub, tidak lepas dari hubungan antar Umat beragama haruas mesti selalu dijaga dan harus tetap saling menhargai, menghormati, saling toleransi satu sama lainnya.

Merujuk dari itu, maka hasil dari rapat sosialisai Wawasan Kebangsaan, berdasarkan permintaan peserta, diharapkan Pengurus Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) harusnya tidak hanya di Kabupaten.

Melainkan, mengingat dari ke-5 Agama di Indonesia, terdapat di Kecamatan Lantari Jaya maka, Kepala Badan dan pengurus (FKUB) Kabupaten menyetujui dan akan segera membentuk pengurus yang baru di Kecamatan tersebut.

“Yah, kita akan membentuk pengurus FKUB disini, dan saya nilai disamping adalah permintaan Masyarakat rapat, memang dengan kondisi yang ada sangat layak”, ungkap Andi Bahtiar usainya acara.

Begitu juga dengan pernyataan salahsatu Tokoh Masyarakat yang hadir dari Rohaniawan atau Imam Agama Hindu (Bali), Inenga Rempen, dirinya sangat senang sekali dengan adanya kegiatan seperti ini.

Maslahnya beber dia, untuk diketahui, Wilayah Kecamatan Lantari Jayakan merupakan Eks. Tranmigrasi dulu, jadi segala Suku bercampur baur menjadi satu disini. Mulai dari Suku Moronene, Suku Bugis, Suku Jawa, Suku Lombok, Suku Bali dll, terdapat di dalamnya.

“Saya senang sekali dengan adanya kegiatan seperti ini. Bila perlu sering-sering akan jauh lebih baik. Sebab, mengingat disisni memang terdiri dari berbagai Agama dan Suku. Dengan adanya kegiatan seperti ini, maka nilai kesatuan dan kesatuan antar Umat beragama akan semakin erat. Karena pada dasarnya Kita adalah Indonesia kita Bihneka”, tutupnya.

Kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan kemarin yang digelar di Kantor Kecamatan, selain menghadirkan sejumlah Tokoh, juga menghadirkan semua pemerintah terkait di Wilayah itu. Selain FKUB Kabupaten, Tampak juga dari Perwakilan Kepolisian Resort Bombana. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here