Beranda BOMBANA Pembukaan Defile Nanti, Bappeda Bombana Target Juara 1

Pembukaan Defile Nanti, Bappeda Bombana Target Juara 1

187
0
Nur Alaina Samad, Koordinator Umum BAPPEDA Bombana untuk persiapan perayaan HUT RI ke 73 Tahun. (Selasa, 7 Agustus 2018)
Nur Alaina Samad, Koordinator Umum BAPPEDA Bombana untuk persiapan perayaan HUT RI ke 73 Tahun. (Selasa, 7 Agustus 2018)

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Pembukaan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) 17 Agustus, yang tidak pernah luput dengan kegiatan defile. Maka dari itu Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, sangat optimis kalau kali ini mereka bisa keluar sebagai pemenang dan memperoleh juara 1.

Tidak tanggung-tanggung, segala bentuk persiapan telah disipakan, sebab Nur Alaina Samad selaku Ketua Koordinator Umum menjelaskan kalau penampilan (Bappeda), harus beda dari yang lain sehingga target juara 1 dan mempersembahkan Piala Emas bukan hanya sekedar wacana saja.

Nur Alaina Samad juga menambahakan jika dirinya sebagai Koordinator Umum tidak hanya fokus di kegiatan defile saja, melainkan mengenai kebersihan, cat pintu gerbang masuk, cat kantor, semuanya harus memberikan nuansa kearifan lokal. Seperti ditampilkannya corak “Bosu-bosu dan Buri Sininta” baik dari pagar hingga di dalam ruangan kantor, katanya.

Sehingga khas Wonua Bombana akan sangat kental didalamnya. Sebenarnya, terang Nur Alaina, (Bappeda) ingin menampilakan pakaian adat keterwakilan setiap pulau. Namun, karena keterbatasn anggaran sehingga cukup pakaian adat khas Bombana saja yakni ‘Moronene’ yang ditampilkan.

“Pada dasarnya saya yang dipercaya sebagai koordinator, sebenarnya tugas ini memang berat. Namun, kita akan mencoba membuat terobosan baru dan itu perlu melibatkan semua teman-teman. Nah, disitulah tugas saya bagaimana mengajak semua teman kantor untuk berkreatifitas sehingga melahirkan hasil yang maksimal”, jelas Nur Alaina di Ruang Kerjanya, Selasa 7 Agustus 2018.

Bukan itu saja sambung Nur Alaina, agar kerjanya terkontrol dan terorganisir, dirinya menunjuk salah satu staffnya khusus yang menangani persiapan defile yakni Januardika Prada Cendana.

Foto bersama masing-masing Koordinator Tim BAPPEDA Bombana dalam menyambut perayaan HUT RI ke 73 (Foto: Sumardin/wb)
Foto bersama masing-masing Koordinator Tim BAPPEDA Bombana dalam menyambut perayaan HUT RI ke 73 (Foto: Sumardin/wb)

“Target kami akan mencoba menampilkan yang beda dari tahun-tahun sebelumnya, nantinya kami tidak akan memakai lagi yel-yel melainkan menggantinya dengan gerakan lain namun tanpa mengurangi makna perjuangan itu sendiri”, ungkap Januardika Koordinator khusus defile.

Baca Juga : Pahlawan Atlet Indonesia Hajra L Johan, Hari Ini Dirujuk ke RSUD Kabupaten

Menurut pemuda lulusan STPDN utusan Kementerian yang ditugaskan di Bombana sejak Desember 2017 kemarin, dengan kepercayaan yang diberikan, dia menganggap itu sebagai amanah. Jadi segala kemampuannya akan ia salurkan demi tercapainya target juara 1 nanti.

“Mindset saya, kegiatan seperti ini kan dilihat masyarakat umum. Jadi memang harus menampilkan sesuatu yang unik dan beda dari sebelumnya, sehingga masyarakat ada kesan, disamping itu agar Masyarakat Bombana umumnya juga  tidak merasa jenuh”, tandasnya.

Dirinya mengatakan sebelum masa kontraknya habis (2 Tahun), dia berkomitmen akan menyalurkan segala ilmu yang ia miliki selama di Bappeda. Akan tetapi tambahnya, ini semua dia lakukan pasalnya pimpinan Bappeda memberinya kepercayaan dan kesempatan untuk berkreatifitas.

Sehingga berangkat dari situlah Janurdika membentuk 4 kategori pasukan saat defile nanti. Dimana semuanya memiliki filosofi masing-masing, diantataranya:

Pasukan Bambu runcing, makna dari barisan ini yaitu, menggambarkan bagaimana cara para Pahlawan kita (Indonesia), merebut Kemerdekaan dengan memakai Bambu Runcing.,

Pasukan Bendera Mini, itu artinya ibarat Rakyat.,

Pasukan Gembira, filosofinya yaitu singkronisasi antara program Bupati Bombana yang perlu ada dukungan dari semua pihak, serta dukungan itu pula masuk dalam kategori perjuangan, katanya.

Dan yang terakhir Pasukan Peta Indonesia, ini menggambarkan sekaligus memiliki makna bahwa seluruh yang ada di Indonesia,  Tanah dan Air, harus sama-sama kita perjuangkan, kita pertahankan dan kita harus majukan.

Maka dari keempat Kategori diatas menurut Januardika, harapannya bisa memperikan inspirasi yang sifatnya positif.

Sekedar informasi, dari ke-7 cabang kegiatan yang melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabupaten Bombana, dari Kantor (Bappeda) semuanya memiliki keterwakilan.

Dan untuk diketahui pula, setiap tahunnya, Kantor (Bappeda) Bombana selalunya keluar sebagai pemenang mengalahkan SKPD/OPD yang lain. Hanya saja, belum pernah mendapat Juara 1, tahun lalu berhasil keluar sebagai Juara 2. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here