Beranda BOMBANA Memaknai Idul Fitri & Pentingnya Silaturahmi Sebagai Resep Panjang Umur?

Memaknai Idul Fitri & Pentingnya Silaturahmi Sebagai Resep Panjang Umur?

124
0
Pembacaan Khotbah Salat "Ied" yang disampaikan oleh Kementrian Agama (Kemenag), Kabupapaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), diwakilkan oleh Ansar S.Pdi., di Masjid Babul Jannah Desa Lantawonua

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Tahukah anda, jika Bulan Suci Ramadhan yang didalamnya tidak hanya berpuasa selama 30 Hari lamanya, dimulai dari sebelum terbit Fajar sampai dengan tenggelamnya Matahari bagi Umat Islam di seluruh penjuru dunia, ternyata, Bulan inipula diyakini merupakan bulan yang penuh pengampunan/magfira, Penuh BERKAH, bahkan didalamnya terdapat perintah yang dapat menambah nilai pahala bagi yang mengerjakannya. Salah satunya yaitu ‘Pentingnya Bersilahturahmi Sebagai Resep Memanjangkan Umur’,.

Begitu pentingnya Bulan ini, Umat Islam meyakini kalau Bulan Suci Ramadhan adalah Bulan yang Suci “Dari Seribu Bulan”. Bukan itu saja, Bulan Suci juga diartikan sebagai “Hari Kemenangan”. Kenapa demikian?, sebab selama mereka (Umat Islam) berpuasa, bukan hanya menahan Lapar dan Haus, akan tetapi, juga segala bentuk Hawa Nafsu (Harus dijaga).

Jadi tidak heran, kalau Umat Muslim dan Muslimat yang telah berpuasa yang diakhiri dengan ‘Salat Ied’, diartikan sebagai “HARI KEMENANGAN”. Seperti Firman Allah yang artinya: “Dan masing-masing orang, memperoleh derajat-derajat sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan”, (Q.S Al-An’am: 123).

Senada dengan itu, dalam sebuah Hadits (Marfu) dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma juga dijelaskan yang artinya:

“Apabila hari raya idul fitri, Malaikat turun ke bumi di setiap Negeri, mereka berhenti disana seraya berseru, yang suaranya didengar oleh seluruh makhluk kecuali Jin dan Manusia, “Wahai umat Muhammad, keluarlah kalian menuju Tuhan yang Maha Mengetahui, yang memberikan ganjaran dan mengampuni dosa yang besar. Apabila mereka telah sampai pada tempat Sholat mereka, Allah berfirman, ” Wahai Malaikatku, apakah ganjaran bagi orang, apabila telah selesai dari pekerjaannya?,”.

Malaikat berkata, “Wahai Tuhan Kami, tentu ia diberikan upahnya”. Allah Azza Wa Jalla berkata, “Saksikanlah, bahwa aku memberikan ganjaran dari puasa dan Sholat mereka dengan keridhoan dan Ampunan-Ku”. Dan ia berkata, “Mintalah dengan Kemuliaan-Ku”. Dan ia berkata, “Mintalah dengan Kemuliaan-Ku dan keagungan-Ku, tidaklah kalian meminta sesuatu pada hari ini, untuk akhiratmu kecuali Aku berikan untuk kalian, dan tidaklah untuk duniamu kecuali Aku perlihatkan untuk kalian, pulanglah dengan keampunan untuk kalian, kalian telah membuat-Ku Ridho dan Aku telah Ridho pada kalian”. (Hadits dikeluarkan oleh Salamah Bin Syabib dalam kitab keutamaan Ramadhan).

Shalat Idul Fitri 1440 H/2019 M di Masjid Babul Jannah, Desa Lantawonua – Bombana

Disisi yang lain kata ANSAR S.Pdi pembawa Khotbah Sholat “Ied” di Masjid Babul Jannah Desa Lantawonua, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, Sultra, utusan Kementrian Agama (Kemenag), menguraikan keutamaan Idul Fitri yakni: dihari itupula seluruh Umat Islam dipenjuru Dunia menjadikan momen ini sebagai ajang untuk saling memaafkan satu sama lain. Kepada kedua orang tua, saudara, sahabat, teman kerja/mitra, dan seluruh handai tolan.

Dengan begitu sambungnya, maka akan terjalinlah silahturrahim antara sesama. Apalagi di Tahun 2019 ini kata dia, adalah tahun politik, jadi tidak heran jika ada gesekan atau apa hanya karena perbedaan pilihan.

“Saya berharap, marilah kita memperat kembali jalinan Silahturahmi. Yang sudah berlalu, biarkanlah berlalu. Semoga di Hari Yang ‘Fitri’, atau dihari kemenangan ini, kita (Manusia), harus kembali ke ‘Fitra’ kita. Sucikan hati dan pikiran kita dari segala bentuk yang bisa menghambat amalan kita demi mengharapkan keridhoan dan pengampunannya”,.

Ansar menambahkan, jika se-seorang yang senantiasa menjalin hubungan Silahturrahim, maka ia telah dijanjikan oleh Rasulullah dengan keluasan Rezeki, Usia yang panjang, dan Penuh Berkah. Sebagimana Sabdanya: “Barang siapa menginginkan untuk diluaskan Rizkinya serta dipanjangkan usianya; hendaklah ia menjalin Silaturrahim”. (HR. Bukhari dan Muslim),. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here