Beranda BOMBANA Lagi, Dinas (PU) Bombana Punya Program Unggulan Baru PISEW

Lagi, Dinas (PU) Bombana Punya Program Unggulan Baru PISEW

226
0

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Tidak hanya sampai di (Gem Bom 100-0-100) kemarin, malah Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus dibanjiri bantuan pusat yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Seperti, Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) baru-baru ini.

Kata Drs. Man Arfa M.si (Kadis), di Ruang kerjanya Rabu (30/Mei/2018) mengungkapkan, semuanya itu patut disyukuri. Pasalnya, diantara Kabupaten/Kota yang berada di SULTRA, Bombana tidak pernah terlewatkan keciprat bantuan dari pusat melalui Dinas (PU).

Menurutnya, ini adalah hal yang sangat mengembirakan dan membanggakan tentunya. Sebab, pemerintah sudah bisa percaya dengan Bombana, katanya.

PISEW itu, memang konsepnya untuk pemberdayaan masyarakat. Jadi uang akan turun perkecamatan. Nanti perkecamatan, yang akan membagi perdesa atau perkelurahan”, ujarnya.

BACA JUGA :  Wow..!!!,,, Dinas P.U Punya Program Brillian Gem Bom 100-0-100

Namun, tidak semua Kecamatan yang ada akan mendapatkan bantuan pusat (PISEW) tersebut, yang senilai 600 juta perkecamatan. Sebab, yang dapat bantuan, datanya itu memang sudah dari pusat. Seperti Kecamatan Rumbia, Kecamatan Rarowatu, Kecamatan Masaloka Raya, dan Kecamatan Poleang Utara, begitupun Desa atau Kelurahan, namanya telah ditentukan oleh pusat.

Nantinya tinggal pemerintah Kecamatan dan Badan Koordinasi Desa (BKD) mereka yang berembuk, mereka yang akan memfasilitasi Desa yang mendapat bantuan untuk menyelenggarakan rapat. Nah, hasil rapat tersebut barulah akan dibentuk kelompok. Hanya saja, kelompoknya tidak boleh lebih dari satu berdasarkan aturan, tandas Man Arfa.

“Setelah kelompoknya jadi, natinya akan dibukakan rekening masing-masing perkelompok. Jadi uang bantuanya langsung masuk ke rekening kelompok. Sebab, ini memang untuk pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW)”, katanya.

Yang intinya kata Man Arfa, bantuan ini melibatkan langsung masyarakat. Mulai dari perencanaan, pengelolaan bahkan pengawasan semua melibatkan masyarakat. Untuk itu dia berharap, semoga bantuan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai kebutahan vital dalam Desa atau Kelurahan. Karena kalau bantuan ini dikelolah dengan baik dan berhasil, kedepanya bisa jadi jumlah Kecamatan akan bertambah, begitu pula dengan Dananya.

Dalam kesempatan yang sama saat ditemui di ruang kerjanya Amiruddin selaku Camat Rumbia Rabu (30/5) ikut serta membenarkan kalau memang bantun dari pusat akan turun. Bahkan (Senin 21/5) kemarin, dari empat Kecamatan se Kabupaten Bombana yang mendapat bantuan, pihaknya telah mengikuti rapat koordinasi ke-tingkat Provinsi (Sultra).

“Kemarin kami sudah mengikuti rapat koordinasi di provinsi. ikut juga ketua (BKD) nya. dan 2 perwakilan dari Kecamatan bahkan besok team dari provinsi akan turun”, Jelasnya.

Sambunganya, bantuan ini murni dari pusat. Jadi dari pemerintah Kecamatan katanya, tinggal menerima rekomendasi Desa atau Kelurahan apa saja yang mendapatkan bantuan itu. “Seperti ini, dari kami berdasarkan wilayah dan dilihat dari tingkat kesejahteraan, inginya kami Desa Lantawonua yang benar-benar layak. Namun, kembali lagi ini pusat yang menentukan. Lantawonua hanya jadi Desa Penyangga, sementara Kelurahan Lameroro yang jadi prioritas”, uraianya.

Akan tetapi, biarpun hanya jadi penyangga, namun nanti hasil rapat yang menentukan dan dilihat apa yang sangat mendasar untuk kebutuhan masyarakat, dan tinggal dibagi, tutupnya. (w/b)

Pewarta : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here