Beranda BOMBANA Kepala Bappeda: Jalan di Kecamatan Mata Oleo, Sudah Masuk Skala Prioritas Bupati

Kepala Bappeda: Jalan di Kecamatan Mata Oleo, Sudah Masuk Skala Prioritas Bupati

231
0
Drs. Sukarnaeni Arif M.Si - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Bombana. (Foto: Sumardin/WB)
Drs. Sukarnaeni Arif M.Si - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Bombana. (Foto: Sumardin/WB)

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bombana, Sultra, Drs. Sukarnaeni Arif M.Si., mengatakan bahwa jalan di Kecamatan Mata Oleo yang akhir-akhir ini viral dikalangan masyarakat, sebenarnya itu sudah masuk dalam program RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Bombana. Bahkan, itu adalah skala prioritas Bupati Bombana H. Tafdil S.E.,MM.

Menurut Sukarnaeni Arif, pihaknya hanya berkewenangan pada perencanaan saja, adapun lebih detil dan tekhnisnya ada pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang Kota. Namun, seperti itupun, terang Sukarnaeni, upaya Bupati (H. Tafdil) untuk menggenjot infrastruktur itu sudah keputusan yang tepat dan patut diapresiasi.

“Pembangunan jalan memang merupakan misi Bupati kita (H. Tafdil). Pasalnya, beliau berkomitmen akan menggenjot infrastruktur, terutama jalan di Mata Oleo. Bahkan itu telah masuk ke-RPJPD dan RPJMD Periode 2017-2022. Tujuannya apa?, agar bisa ada konektivitas antar daerah dengan daerah lain di Bombana”, urainya.

Maka dengan begitu, tambahnya, pelaku-pelaku ekonomi akan sangat terbantu dengan dibukanya jalan penghubung antar daerah satu ke daerah lain lingkup Kabupaten Bombana. Keuntungan lainnya, pertumbuhan ekonomi akan makin meningkat dan angka kemiskinan sudah pasti akan menurun.

Pasalnya, Bupati Bombana kata Kepala Bappeda Bombana, di periode kedua ini, dia (H.Tafdil), selama 5 tahun kedepan akan lebih memberikan perhatian yang lebih serius ke tiap-tiap daerah dan melakukan pemerataan pembangunan sehingga tidak ada lagi yang merasa di diskriminasi atau dibeda-bedakan.

Baca Juga : Ketua DPRD: Pinjaman Pemda Bombana Senilai Rp. 300 M, Tidak Melanggar Aturan

“Sudah wajar kalau sempat ada Masyarakat pernah marah-marah di Kantor DPRD. Sebab, memang selama 14 tahun Bombana mekar, jalan disana selalunya seperti itu. Namun, perlu juga diketahui medan di Mata Oleo sedikit beda, karena daerahnya pegunungan. Belum lagi dengan terbatasnya anggaran, jadi wacana Bupati (Pemda) akan melakukan pinjaman sebanyak 300 Milyar, itu adalah solusi”, katanya.

Karena apa?, pengalaman pemerintah kemarin (Pemda Bombana), dengan terbatasnya dana, namun mengharapkan hasil yang maksimal, jelas itu sudah tidak mungkin. Jadi tidak heran, belum sampai ujung dikerja, jalannya malah sudah rusak sepotong. Nah, itu yang Bupati tidak inginkan. inginnya dia, meskipun berutang, asalkan hasilnya dilihat,  memuaskan, dan dalam skala jangka panjang. Sehingga, jadinya tidak sia-sia.

Sementara dari Dinas PU yang diwakili Sekretaris Abd. Rahmat. ST.MT memaparkan kalau saat ini diluar dari wacana pembangunan Pemda yang “multiyears” yang sumber dananya bila mana ajuan permintaan (Pemda Bombana) terealisasi oleh Kemendagri dan Kemenkeu, saat ini sudah sementara ada pengerjaan atau penanganan sementara.

Yang dikerja mulai dari pasar baru Bombana hingga Lora (Mata Oleo). Dengan estimasi anggran sekitar 17 Miliar. “Sebenarnya yang kami kerjakan saat ini  bangunan pelengkap saja. Seperti, pembangunan Taluk, Deker, Jembatan, dan Drainase”, katanya saat ditemui di kantornya.

Akan tetapi, bukan berarti jalan tersebut akan dikerjakan, itu tetap akan diaspal. Namun, diselesaikan secara bertahap. Menurutnya, saat ini dana yang ada sangat terbatas, sehingga tidak akan mencukupi bilamana pekerjakaan tersebut dilakukan secara menyeluruh dan serentak, sambungnya.

“Jadi, kalau jalan yang sudah diaspal, dan setelah diperiksa aspalnya masih bagus, berarti dilangkahi dulu. Selanjutnya dicari mana yang rusak parah atau belum ada aspalnya sama sekali. Kalaupun di Gunung, nanti dilihat mana yang lebih tepat, apakah akan diaspal juga, atau sekalian langsung di Beton Saja”, tutupnya. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here