Beranda Akademik Kemenristekdikti Gelar Monitoring Dan Evaluasi PDD PNUP AKN Di Bombana

Kemenristekdikti Gelar Monitoring Dan Evaluasi PDD PNUP AKN Di Bombana

62
0

WONUABOMBANA.COM, RAROWATU UTARA – Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi gelar monitoring Program Diluar Domisili (PDD) PNUP di Akademi Komunitas Bombana (AKN) Jum’at (15-Desember-2017). Kegiatan ini untuk meninjau langsung seperti apa kesiapan (AKN) Bombana (Sultra) apakah sudah layak masuk kategori (Akademi Kemenristekdikti) atau belum.

Dari hasil pemotretan dan evaluasi Tim yang turun kelapangan, akan dilihat kalau memang sudah siap kemandiriannya, kita tinggal mengajukan ke pusat. Dalam hal ini Kementrian yang bersangkutan seperti Kemenristekdikti, Menpan, dan Kementrian Keuangan, Ungkap “Didi” selaku Tim Review/evaluator Kemenristekdikti.

Namun, bila setelah pemotretan/dievaluasi belum ada perkembangan, maka pembinaanya akan meminta tambahan apa saja yang menjadi kekurangan (kendala), sehingga ada “INTENSIF” dari Pembina.

“Jadi kalau mau berharap cepat, harus ada koordinasi disini sama pembina. Ayo pembina kita mau kerja apa supaya lebih cepat?, Menurutnya sembari tersenyum.

Akan tetapi yang menjadi tolak ukur dalam penilaian Tim untuk bisa dikategorikan “Mandiri” tidak lepas dari sistim Keuangannya, gedungnya, tenaga pengajar (Dosen), bangunanya, itu semua akan dinilai sudah siap apa belum.

Lanjutnya, dan dipastikan (AKN) Bombana akan siap berkompetisi dengan sekitar 80 (AKN ) yang tersebar se Indonesia. “Tinggal di buat berita acaranya sebagus mungkin. Kami tidak membeda-bedakan levelnya. Sebab kami hanya memotret/review saja, tidak bisa menentukan karena selanjutnya datanya akan dikirim dipusat. Tinggal dari sana akan diranking mana yang lebih dulu keluar”, Katanya.

Untuk itu dia berharap, semua (AKN) pasti bisa. Pasalnya, ini adalah misi pengentasan pendidikan. Jadi semua harus bisa. jadi semua itu tergantung daerahnya dalam memberikan (Stimulan) seperti apa. Sebab, dari “Pusat” tidak bisa akan langsung memberikan dananya sebelum hasil pemotretanya/reviewnya dikirim dulu dipusat dan lihat kelayakanya.

Untuk diketahui, kalau (AKN) yang sudah bisa dinyatakan Mandiri (Masuk kategori Menristekdikti) maka, pendanaanya akan langsung dari pusat. Sebab, (AKN) berada dibawah naungan Pusat.

“Jadi kalau disini sudah memberikan (Stimulan), dari Stimulan itu akan dijadikan (Basic) untuk di bangun Akademi Komunitas Negeri. Karena kalau fasilitasnya sudah selevel Perguruan Tinggi, berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 23 Perguruan itu tidak boleh dipegang oleh pemerintah Kabupaten/Kota, Maupun Pemerintah Provinsi”, Tutupnya. (w/b)

Pewarta : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here