Beranda BOMBANA Kadinkes Bombana Diduga Lakukan Pemotongan 10 Persen Dana BOK dan BPJS

Kadinkes Bombana Diduga Lakukan Pemotongan 10 Persen Dana BOK dan BPJS

838
0
Ilustrasi
Ilustrasi

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, diduga melakukan pemotongan diluar mekanisme atau juknis melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Yakni, Dana Biaya Operasional Kesehatan (BOK), dan Dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS), masing-masing sebanyak 10 persen.

Dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI., terang Narasumber yang tidak ingin diketahui identitasnya, bukanlah jumlah yang sedikit. Bayangkan saja kata dia, Dana (BOK) yang diproyeksikan untuk 22 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bombana Tahun 2019 sebesar Rp 22.064.880.000

Namun jelasnya, penyaluran Dana (BOK) dimaksud, tidak diberikan dalam jumlah yang sama setiap Puskesmas, melainkan berfariatif. “Tergantung hasil evaluasi Tim BOK dari Kementerian Kesehatan. Nah disitu akan dilihat, berapa luas dan banyaknya jumlah penduduk. Misalnya, Puskesmas Kabaena Induk dengan Puskesmas Kabaena Barat, dana yang mereka terima berbeda. Kabaena Induk mendapat Rp 1.175.000.000, sedangkan Puskesmas Kabaena Barat mendapat Rp 677.000.000”, tandasnya.

BACA JUGA : Pembangunan RS Bombana Diduga Ada Kerugian Negara Rp351.452.298

Untuk (BPJS) sendiri, selain sumber dananya juga dikucurkan dari Pusat (Kemenkes), adapula dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), yang diperuntukan buat masyarakat kurang mampu. Inipun masih dari keterangan narasumber, masih tetap ada dugaan pemotongan sebesar 10 Persen.

Masalah ini diketahui seusai kegiatan Monitoring Tahunan Dinkes Kabupaten Bombana yang dihadiri oleh seluruh Kepala Puskesmas, Bendahara (BOK) tiap Puskesmas, dan pelaksana kegiatan dilapangan seperti Bidan Desa, tutupnya.

Sebelum berita ini diterbitkan, pewarta telah mencoba mengkonfirmasi yang bersangkutan (Kadinkes Bombana), melalui WhatsApp sejak Senin malam. Namun, tidak ada jawaban ataupun sanggahan darinya. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here