Beranda BOMBANA Jubir Satgas Bombana Ingatkan Masyarakat Jangan Anggap Enteng Covid 19

Jubir Satgas Bombana Ingatkan Masyarakat Jangan Anggap Enteng Covid 19

271
0
Tengah Kemeja Putih, Jubir Satgas Bombana (Heryanto SKM), Kanan Bupati Bombana (H. Tafdil SE. MM).

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Juru Bicara Satgas Corona atau dikenal dengan nama lain Covid 19 di Kabupaten Bombana, Sultra Heryanto dengan tegas ingatkan masyarakat jangan anggap enteng penyakit ini sehingga mengabaikan anjuran pemerintah.

Meski begitu kata dia yang juga selaku ketua PPNI Sultra, sejauh ini belum ada perintah maupun larangan sepenuhnya kepada masyarakat untuk tidak keluar Rumah atau Lockdwon secara resmi dari Pemkab Bombana.

Hanya saja pintanya, kalau keluar rumah harus selalu memakai masker. Dan tegasnya, jangan keluar bila tidak penting. Selalu jaga jarak, cuci tangan memakai sabun.

“Kami ini belum ada perintah (dari Bupati) untuk tutup daerah, karantina wilayah. Yang kami himbau itu sosial distancing. Apa itu sosial distancing?, Yakni batasi diri, batasi keluar rumah”, kata Heryanto Sabtu 11 April 2020.

Yang Heryanto sesalkan, masyarakat lebih percaya ‘HOAX’ ketimbang pemerintah. “Contoh, masalah telur tengah malam, masyarakat percaya. Masalah tiga hari tidak boleh keluar rumah, memang Kota kendari lakukan itu, tapi kita Bombana belum”, sambungnya.

Untuk itu, Jubir Satgas mewakili pemerintah Bombana mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa membantu pemerintah melawan sekaligus memutus mata rantai penyebaran pandemik ini demi kepentingan bersama, demi keselamatan diri maupun keluarga yang kita cintai. Dengan syarat, patuhi anjuran pemerintah.

Sebab, Virus Covid 19 tidak bisa terbang. Namun masyarakat tetap diharuskan memakai masker. Pasalnya virus ini hanya bisa memasuki tubuh melalui 3 lubang. Pertama lubang mulut, mata, dan hidung.

“Kenapa kita dianjurkan memakai masker?, Karena biasanya tanpa sadar kalau ada yang positif, lalu bersin dan percikan liurnya mengenai meja, kita menyentuhnya, tanpa sadar terkadang memegang mulut, mengutil lubang hidung, atau menggaruk mata”,.

Pesannya yang terakhir, selain jaga jarak, jaga kebugaran tubuh, rajin berolahraga, selalu berfikir positif, jangan panik, biasakan pola hidup bersih sehingga kekebalan tubuh kita meningkat dan tidak mudah sakit. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here