Beranda BOMBANA Giat Cipkon Binmas Polda Sultra, Gelar Sosialisasi di Wilkum Polres Bombana

Giat Cipkon Binmas Polda Sultra, Gelar Sosialisasi di Wilkum Polres Bombana

146
0
Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat (Wadir Binmas) Polda Sultra, AKBP Arif Gunawan & Wakil Kepala Kepolisian Resort Bombana, Kompol Muhadi Walam, saat menggelar sosialisasi Giat Cipkon Binmas Pasca Penetapan Calon Gubernur/Bupati/Walikota Terpilih Ops Mantap Praja 2018. (Foto: Sumardin/wb)
Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat (Wadir Binmas) Polda Sultra, AKBP Arif Gunawan & Wakil Kepala Kepolisian Resort Bombana, Kompol Muhadi Walam, saat menggelar sosialisasi Giat Cipkon Binmas Pasca Penetapan Calon Gubernur/Bupati/Walikota Terpilih Ops Mantap Praja 2018. (Foto: Sumardin/wb)

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Dalam memupuk jiwa persatuan dan kesatuan bangsa, sekaligus menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) agar selalu aman kondusif di wilayah hukum Polres Bombana, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Gelar Sosialisasi dengan Tema: Giat Cipkon Binmas Pasca Penetapan Calon Gubernur/Bupati/Walikota Terpilih Ops Mantap Praja 2018, Selasa 4/9/2018.

“Polda Sultra ada kegiatan Cipta Kondisi (Cipkon) jadi dalam hal ini kami dari direktorat Binmas melaksanakan Operasi Cipkon Binmas (Pembinaan Masyarakat). Jadi kegiatan ini adalah kegiatan prefentif, yang sifatnya pencegahan”, ungkap Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat (Wadir Binmas) Polda Sultra Arief Gunawan, S.KM, M.E., usai rapat sosialisasi kepada wartawan.

Karena memang, tambahnya, tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang bisa mengganggu kamtibmas di Desa atau ditiap wilayah, maka Wadir Binmas Arief Gunawan menghimbau kepada seluruh staceholder dan elemen masyarakat.

“Sehingga rapat sosialisasi ini, yang hadir ada dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Unsur Pendidikan, Camat, Lurah, Kepala Desa, diundang semua, agar bisa menjadi penyambung lidah kami dimasyarakat apalagi menjelang Pilpres dan Pilcaleg, diharapkan bisa senantiasa menjaga kondusifitas dilingkungan sekitar”, kata AKBP Arief Gunawan.

Ucapnya, beda pilihan itu normatif dalam berdemokrasi, namun, jangan lagi ada perpecahan dan pertikaian antara satu dengan yang lainnya. Itulah tujuan Polda gelar kegiatan ini di Bombana sekaligus menyampaikan bahwa, persatuan dan kesatuan adalah diatas segalanya.

Baca Juga : 12 Desa Dalam Waktu Dekat Gelar Pilkades Serentak, Polres Bombana Siap Turunkan Sepertiga Personil

Menyikapi soal minimnya personel (Kepolsian Resort Bombana) yang ada, terkhusus untuk Kamtibmas yang ditugaskan di Daerah-daerah (Lurah dan Desa), dirinya membenarkan memang perlu kerja keras, yang seharusnya idealnya 1 Desa 1 Bhabinkamtibmas, namun dengan personel yang ada itu tidak bisa. Jadi, yah dioptimalkan saja yang terpenting kamtibmas bisa selalu aman kondusif serta kegiatan Desa tetap berjalan.

Sementara dari Kepolisian Resort Bombana yang diwakili oleh Wakil Kapolres (Wakapolres) Kompol Muhadi Walam S.Sos juga menyampaikan hal yang sama, dia berharap antara pihak kepolisian dengan seluruh stakeholder terutama dari pemda bisa bersama-sama menjaga Kamtibmas agar selalu kondusif. Apalagi ini menyongsong perhelatan pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif (Dewan Perwakilan Rakyat).

“Kami juga sedang melaksanakan giat cipta kondisi (cipkon), sasaran kegiatan itu mulai dari premanisme, kejahatan jalanan, pemberantasan narkoba, kemudian minuman keras(miras), termasuk minuman tradisional, senjata tajam, dan kejahatan yang berbau pidana”, tegas Wakapolres Bombana Kompol Muhadi Walam S.Sos.

Sambung Wakapolres, kegiatan ini telah memasuki tahap ke 4 dalam kegiatan cipta kondisi, dan hasilnya sangat memuaskan.

Adapun indikasi faktor keberhasilannya, selain melaksanakan kegiatan penindakan, Satuan Polres Bombana juga melakukan pembinaan penyuluhan dari struktur sub satgas dalam cipta kondisi tersebut. Selain itu tambah Muhadi Walam, tidak lepas dari peran masyarakat dalam membantu mengapresiasi kegiatan ini sehingga hasilnya cukup baik.

Nantinya dengan adanya kegiatan seperti itu, paling tidak bisa meng-eliminir  daripada kriminal yang bakal timbul termasuk konflik-konflik sosial, yang kemungkinan akan terjadi, kemungkinan ada embrio sudah bisa dihilangkan dengan adanya kegiatan seperti ini.

Namun jelasnya, tetap mengedepankan Bhabinkamtibmas dan Polsek sebagai satuan terbawah dalam upaya mencegah, serta mengantisipasi terjadinya tindak pidana atau kejahatan yang mungkin akan timbul.

Menjawab terkait kesiapan personel menghadapi pesta demokrasi pemilihan Presiden dan Legislatif, Wakapolres kembali memaparkan jika dari Polres Bombana telah mengajukan penambahan personel, namun ketersediaan personel terbatas.

“Kita mensiasati agar semua kegiatan pengamanan, termasuk penjagaan di Polres, Polsek, termasuk yang mem backup kegiatan dilapangan, juga bisa mem backup pemerintah setempat dalam hal ini Desa. Baik itu dalam proses pemecahan masalah, termasuk backup persoalan di Desa itu, kita upayakan, kita maksimalkan, Bhabinkamtibmas bisa betul-betul maksimal disana”, pungkasnya. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here