Beranda BOMBANA DPRD Bombana Hibahkan Lahannya, Direktur PT. JBM Berterima Kasih

DPRD Bombana Hibahkan Lahannya, Direktur PT. JBM Berterima Kasih

209
0
Proses Penandatanganan Surat Pelimpahan/Hibah Tanah Anggota DPRD Kab. Bombana Kepada PT. Jhonlin Batu Mandiri, (Kamis, 31 Mei 2018)
Proses Penandatanganan Surat Pelimpahan/Hibah Tanah Anggota DPRD Kab. Bombana Kepada PT. Jhonlin Batu Mandiri, (Kamis, 31 Mei 2018)

WONUABOMBANA.COM, RAROWATU UTARA – Moment Langka terjadi disaat buka puasa bersama yang digelar PT. Jhonlin Batu Mandiri (PT. JBM). Pasalnya, dihadapan tamu undangan dan Bupati Bombana H. Tafdil SE. MM., Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Bombana (SULTRA), sebanyak 6 orang, satu diantaranya Ketua, secara simbolis menandatangani Surat Pelimpahan/Hibah.

Ke 6 orang tersebut yakni, Ketua Dewan Andi Firman beserta anggota lainya diantaranya: H. Rusdi, Juntas, Abd. Rauf, H. Ambo Rappe, dan Ahmad Mujahid.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Kabupaten Bombana (Andi Firman) mengungkapkan bahwa, itu adalah bukti nyata dukungan PEMDA terutama (DPRD) untuk membantu perusahaan. Luasan tanah yang dihibahkan oleh ke enam orang DPRD Kabupaten Bombana yakni seluas 67 Ha.

“Pemberian hibah itu, saya dan teman-teman yang lainnya sudah sepakat untuk membantu perusahaan. Semoga lahan yang kami Hibahkan bisa dimanfaatkan dengan baik, agar bisa menyerap tenaga kerja lokal lebih banyak lagi, disamping itu untuk meningkatkan roda perekonomian”, katanya.

Jelang Buka Puasa Bersama Ramadhan 2018 di Kantor PT. JBM, Kecamatan Lantari Jaya, Kab. Bombana - Sultra. (Kamis, 31 Mei 2018)
Jelang Buka Puasa Bersama Ramadhan 2018 di Kantor PT. JBM (Eks. PT.SUN), Kecamatan Rarowatu Utara, Kab. Bombana – Sultra. (Kamis, 31 Mei 2018)

Begitu juga Direktur PT. jhonlin Batu Mandiri (PT. JBM) Drs. Sapto Winardi, saat itu pula banyak mengucapkan terimaksih kepada DPRD Bombana yang sudah secara sukarela menghibahkan lahannya kepada perusahaan.

Dihadapan Bupati, Ketua DPRD, Perwakilan Polres, dan Seluruh Perwakilan Tokoh yang sempat hadir disore kemarin, tepatnya Kamis (31/Mei/2018), dirinya memaparkan sejauh mana kegiatan dan aktifitas mereka.

“Insha Allah sesuai progresnya, sudah hampir 50 persen yang sudah terlaksana. Insha Allah tinggal 50 persen lagi dan kedepan akan diselesaikan dengan baik”, katanya.

Lanjutnya, sebanyak 650 Ha yang sudah ditanami. Sementara yang dikerja/garap sudah hampir 3000 Ha. Adapun untuk penguasan lahan, Direktur PT. JBM mengklaim, sudah dilakukan dengan sangat-sangat baik katanya, penuh keakraban, penuh persaudaraan, bagi mereka yang memiliki kepentingan disitu.

BACA JUGA :  Tanpa Konfirmasi, PT. Jhonlin Dianggap Lakukan "PENYEROBOTAN" Lahan Masyarakat

Sehingga sambungnya, tidak heran kalau penguasaan lahannya sudah mencapai hampir 6000 Ha.

“Memang sih ada persoalan-persoalan kecil yang sedikit mengganggu, namun, alhamdulillah semuanya bisa diselesaikan dengan baik”, tandas Direktur PT. JBM.

Melalui kesempatan yang sama, Direktur PT. JBM menyampaikan bahwa Bulan April 2019 mendatang, akan segera beroperasi. Jadi simpulnya, Komersial Mining akan dilakukan. April-Mei-Juni, katanya sudah akan memanen TEBU sehingga Bombana sudah bisa memproduksi Gula untuk pertama kalinya.

Namun semua itu ungkapnya, tidak akan tercapai bilamana tidak ada dukungan (Support) dari semua pihak baik itu dari Bupati, DPRD, Tokoh Masyarakat, dan seluruh karyawan yang bekerja di Perusahaan. Bahkan kata Direktur (PT. JBM), Masyarakat Khususnya Desa Watu-watu sudah hampir semua dipekerjakaan, paparnya.

Untuk itu, kedepan komitmen perusahaan (PT. JBM), katanya akan membangun “Kebun Plasma”. Dimana lahan masyarakat dengan mekanisme yang ada setelah menyepakati perjanjian antara perusahaan dan masyarakat, selanjutnya lahan masyarakat, akan dikerjakan/diolah. Setelah itu ditanami TEBU, dan panennya nanti akan ditampung oleh perusahaan. Sosialisasi tentang ini sudah di lakukan di Desa Lomba Kasih (SP II).

“Insha Allah Sudah Idul Fitri atau lebaran, kami sudah akan turun mengerjakan lahan petani”, tutpnya. (w/b)

Pewarta : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here