Beranda EkBis DPM-PTSP Klaim, Rumah Walet di Bombana Sudah Lebih 400 Unit

DPM-PTSP Klaim, Rumah Walet di Bombana Sudah Lebih 400 Unit

94
0
Pajawa Tarika,S.Pd - KEPALA DPM-PTSP Kabupaten Bombana

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Pembangunan Rumah Burung Walet di Bombana rupanya kian menjamur. Walet bagi mereka (Masyarakat berbenghasilan menengah), diniliai sebagai usaha yang sangat menjanjikan.

Selaku bukti, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Pajawa Tarika S.Pd., mengklaim, jika saat ini pembangunan Rumah Walet sudah lebih dari 400 unit.

Kendati demikian, dia menegaskan, semua bangunan yang ada, baik itu bangunan permanen, maupun semi permanen, sebelum membangun harus mengurus dulu Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Berdasarkan Perda Nomor 13 Tahun 2013 terkait (IMB), disitu disebutkan bahwa, sebelum masyarakat mendirikan bangunan, terlebih dahulu masyarakat harus menyelesaikan kewajibannya terhadap daerah. Dalam hal ini (DPM-PTSP). Adapun besarannya, tergantung luasan dan tingkatan bangunan”, tegas Kadis Rabu 27 November 2019.

Disitu akan dilihat lagi, jenis bangunannya apa?,. Apakah Bangunan Rumah hunian, atau Bangunan Usaha. Seperti: Hotel, Ruko, Warung makan dan juga Rumah Walet.

“Kalau Rumah Hunian, retribusinya jelas lebih murah daripada Rumah Usaha”, singkatnya.

Bahkan Pajawa kembali menuturkan, Pemda masih cukup bijak selama ini. Tapi ada saatnya nanti katanya, ketegasan itu akan diberlakukan. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here