Beranda Tak Berkategori Disnakertrans Sultra Jemput TKA Bermasalah di PT. SSU

Disnakertrans Sultra Jemput TKA Bermasalah di PT. SSU

404
0
Penjemputan Tenaga Kerja Asing (TKA) berkebangsaan Kyrgystan bernama Ulan Niiazov (26) di Kecamatan Kabaena Utara. Selasa, (6/8/2019).

WONUABOMBANA.COM, KABAENA – Seorang Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Kyrgystan bernama Ulan Niiazov (26), hari ini Selasa (6/8/2019) akhirnya dijemput oleh tim Pengawas Tenaga Kerja (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tenggara karena diketahui bekerja di lokasi PT. Surya Saga Utama (SSU), sementara izin kerja dan izin tinggal terbatas menggunakan perusahaan lain yang area kerjanya di Jakarta.

Beberapa WNA termasuk Sdr. Ulan Niiazi memang sudah pernah diperingatkan oleh Disnaker Provinsi Sultra saat pemeriksaan di lokasi 3 bulan lalu karena dokumen izin kerja dan keimigrasian yang dikeluarkan atas nama PT. SSU sudah kadaluwarsa dan sejak saat itu yang bersangkutan masuk dalam pemantauan.

Ketika dihubungi oleh wonuabombana.com, Direktur PT. SSU Kasra Jaru Munara membenarkan bahwa izin kerja WNA tersebut memang sudah tidak diperpanjang lagi sejak berkahir pada Februari lalu.

Baca Juga : Segel Bea Cukai diabaikan, Besi Smelter PT. SSU Tetap Dimuat Kapal Tongkang

“Sebenarnya sejak Smelter ditutup bulan November 2018, hampir seluruh karyawan di PHK, termasuk TKA karena kondisi keuangan perusahaan. Sebab, Biaya TKA kan mahal. Jadi, tidak logis mempertahankan TKA dengan biaya yang besar sementara Smelter tidak beroperasi”, ungkap Direktur PT. SSU, H. Kasra Jaru Munara.

Ketika kembali ditanya apa kepentingan beberapa WNA yang masih berada di lokasi PT. SSU?, Kasra menjelaskan bahwa Direksi tidak pernah menugaskan mereka. Namun mereka itu dibawah kendali CEO Blackspace yang ada di Singapura dan ini tidak lepas dari upaya penjualan besi-besi Smelter, pungkasnya. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here