Beranda Nasional Diserang Hoax, Presiden Joko Widodo : Yang Berakal Sehat takkan Termakan Informasi...

Diserang Hoax, Presiden Joko Widodo : Yang Berakal Sehat takkan Termakan Informasi Sesat

85
0
Ir. H. Joko Widodo - Presiden Republik Indonesia (Sumber: Dok. @Jokowi)
Ir. H. Joko Widodo - Presiden Republik Indonesia (Sumber: Dok. @Jokowi)

WONUABOMBANA.COM – Penyebaran informasi palsu atau berita bohong alias Hoax selama beberapa tahun belakangan ini kian meningkat yang secara sengaja disebarkan guna menyesatkan orang lain dan cenderung memiliki agenda politik tertentu.

Bahkan, orang sekaliber Presiden Joko Widodo pun bisa menjadi korban utama dari ganasnya penyebaran hoax, tidak hanya menyangkut kebijakan tetapi juga menyangkut pribadi dan keluarganya. Serangan Hoax itu menghampirinya paling tidak selama 4,5 tahun masa kepemimpinan menjadi Presiden RI, terlebih dalam menyongsong Pemilihan Presiden (Pilpres) kali ini grafiknya kian meningkat.

Dalam upaya defensifnya, Presiden Joko Widodo dibeberapa platform media social resmi miliknya acap kali menyerukan untuk memeriksa isi berita dan menyaring faktanya sebelum membagikan ke publik.

“Saya percaya, mereka yang berakal sehat dan berpikiran jernih, takkan termakan dan terpukau oleh informasi sesat. Mari, sama-sama memeriksa isi berita sebelum disebar, menyaring faktanya sebelum membagikan ke khalayak ramai”. Tulis Jokowi dalam laman Facebook miliknya (@Jokowi).

Dalam tulisan tersebut yang dirilis pada hari Selasa (02/04), dirinya juga menyebutkan beberapa kabar muslihat yang berseliweran sepanjang bulan Maret 2019 ini, dari soal politik, kesehatan, pemerintahan, tokoh, agama, sampai yang mengarah ke penipuan, Katanya.

Ironisnya, diantara hoax yang bertaburan itu, tak sedikit yang menyerang pribadi Capres Nomor Urut 01 itu. Misalnya, nama asli Joko Widodo adalah Herbertus Handoko Joko Widodo bin Oei Hiong Liong, Jokowi salat jenazah pakai duduk, atau Jokowi minta masyarakat beralih ke mata uang Tiongkok.

Dengan menggunakan pikiran dan akal sehat, apalagi disertai sedikit usaha untuk menelusuri informasi yang sebenarnya, kita tahu semua itu hoaks belaka, terangnya.

Dilansir dari JawaPos.com, Hasil survei terbaru lembaga survei PolitikaWave mendapati hasil jika Presiden, Joko Widodo (Jokowi) dikategorikan sebagai korban hoax. Baik dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 maupun 2019.

Berdasarkan pantauan redaksi Wonuabombana.com, dalam postingan laman Facebook Presiden Joko Widodo yang berjudul “Stop Hoax” telah dibagikan 4,7 ribu kali, like 42 ribu, dan 8,1 ribu komentar yang menanggapi tulisan tersebut setelah 3 (tiga) jam diterbitkan. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here