Beranda BOMBANA Dilapornya Yudi Oleh Dishub Bombana, KNPI dan POSPERA Angkat Bicara

Dilapornya Yudi Oleh Dishub Bombana, KNPI dan POSPERA Angkat Bicara

847
2
Agustamin - Sekretaris KNPI Kab. Bombana (Baju Kaos Putih), Basmin - Ketua DPC POSPERA Kab.Bombana (Baju kaos hijau tua), Yudi Utama Arsyad - (Baju kaos hitam) Pemuda Bombana/terlapor oleh Kepala Dishub Bombana. Sabtu, (5/01/2019)
Agustamin - Sekretaris KNPI Kab. Bombana (Baju Kaos Putih), Basmin - Ketua DPC POSPERA Kab.Bombana (Baju kaos hijau tua), Yudi Utama Arsyad - (Baju kaos hitam) Pemuda Bombana/terlapor oleh Kepala Dishub Bombana. Sabtu, (5/01/2019)

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Persoalan yang berawal dari pemungutan Retribusi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, pada 8 Agustus 2018 di Kecamatan Poleang Timur, hingga kini masih dipermasalahkan.

Pasalnya, Yudi Utama Arsyad atau yang lebih akrab disapa Yudi Sandrego, menduga dalam kegiatan instansi tersebut oleh petugasnya dilapangan kala itu, dinilainya ada unsur melakukan pungutan diluar mekanisme atau Pungutan Liar (Pungli)

Dengan berjalannya waktu, entah apa yang mendasari atau yang terlintas dibenak Yudi, sehingga dia menulis “O T T” di akun Facebooknya. Maka, dasar itulah Kepala Dinas (Kadis) Dishub Bombana Sahrun ST., merasa tidak terima sehingga melaporkan Yudi Utama Arsyad Ke Kepolisian Daerah (POLDA) Sultra atas dugaan pencemaran nama baik.

Melihat kondisi yang tengah melilit Pemuda Asli Bombana kelahiran Desa Biru Kecamatan Poleang Timur ini, membuat beberapa Tokoh, dan organisasi memberikan komentar sekaligus argumen dengan pernyataan yang berbeda-beda. Tanpa terkecuali Oraganisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) juga ikut serta didalamnya.

Berhubung kata Sekretaris KNPI Kabupaten Bombana Agustamin, permaslahan yang dialami Yudi adalah untuk kepentingan masyarakat, kepentingan Bombana. Untuk itu, KNPI sendiri bersama Kuasa Hukumnya secara kelembagaan akan terus mendampingi Yudi hingga masalah ini tuntas.

BACA JUGA : Petugas Lapangan Dinas Perhubungan Bombana, Diduga Lakukan Pungli

“Kami juga sudah lihat kalau sangat lemah laporan mereka (Kadishub), kemudian sudah jelas fakta dilapangan, pada saat itu, memang tidak lengkap surat tugasnya”, tegas Agustamin.

Bahkan, Agustamin menilai apa yang dilakukan Yudi, sudah benar adanya yang terjadi di Bombana seperti itu. Jadi menurutnya, meskipun Yudi telah dilaporkan, namun persoalan ini jangan sampai berhenti.

“Harus ditindak lanjuti. Tinggal menunggu hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Bombana (7/1) seperti apa?,. Dan kami pastikan akan hadir untuk mendampingi. Bila sudah ada hasilnya seperti apa?, mungkin kami juga akan melaporkan balik”, tandasnya.

Diwaktu yang sama, Ketua DPC POSPERA Kabupaten Bombana Basmin mengungkapkan keprihatinannya terkait permasalahan ini. Apalagi hanya sebuah kritikan lalu disikapi secara berlebihan.

Seharusnya Kata dia, bila ada laporan yang masuk terkait Dishub, Kadisnya tidak serta merta membawa masalah ini keluar atau melaporkan yang menyampaikan informasi seperti Yudi. Melainkan langkah yang perlu diambil yakni menindak lanjuti laporan itu dan melihat kejadian apa sebenarnya yang terjadi didalam internal mereka.

Dengan begitu lanjutnya, berarti ada upaya “masif” untuk berubah dan menjadi yang lebih baik lagi atas kritikan itu. Tambahnya, ada yang salah dengan proses demokrasi di Bombana. Pasalnya, bila ada sosok pemuda yang berani untuk mengkritik pemerintah bukannya diterima, melainkan dilaporkan.

“Karena itu POSPERA Kabupaten Bombana akan mengawal proses pemuda-pemudi Bombana, bila ada yang mencoba mengkriminalisasi disitu. Dan harusnya memang kita perlu berbenah. Jangan bertangan “Besi” memaksakan sesuatu yang tidak semestinya. Jadi, masalah ini bukan hanya POSPERA tingkat Kabupaten yang akan membantu, melainkan sebelum RDP, saya juga akan laporkan ke DPD”, tegasnya. (w/b)

2 KOMENTAR

  1. Ass. Trimakasi kepada Wonua Bombana Telah Menjadi Media Ber integritas Menyajikan Berita2 Yg seimbang Kepada Masyarakat
    Sukses Selalu.👍

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here