Beranda Hukum Dilapor Ke “KPK”, FMBB: Bupati Bombana Jangan Bermental Dewa. Sebab, di-Mata Hukum...

Dilapor Ke “KPK”, FMBB: Bupati Bombana Jangan Bermental Dewa. Sebab, di-Mata Hukum Kita Sama

190
5

WONUABOMBANA.COM, KENDARI – Bupati Bombana II Periode H.Tafdil SE. MM., Resmi dilaporkan Ke “KPK” Oleh Forum Masyarakat Bombana Bersatu (FMBB) Senin (19/3/2018) terkait  dugaan beberapa kasus Korupsi dan Gratifikasi. Kasus tersebut diantaranya adalah Indikasi Korupsi dan Penyalahgunaan Anggaran Sertifikasi Triwulan (IV) Tahun 2016 dan Dana Tambahan Penghasilan Triwulan (IV) Tahun 2016, Kasus Gratifikasi CPNS K1 dan K2 tahun 2013 dan Kasus Izin Usaha Pertambangan.

Presidium (FMBB) Yudi Utama Arsyad yang akrab di sapa Yudi Sanrego mengungkapkan bahwa dia telah melaporkan beberapa Dugaan Kasus Korupsi Bupati Bombana H.Tafdil.

“Hari ini saya melaporkan beberapa kasus dugaan korupsi dan gratifikasi yang melibatkan Bupati saya (Bombana). Dan berkasnyapun telah saya serahkan langsung Ke KPK”, Tegas Yudi Kamis (29/3/2018).

Adapun Kasus-Kasus yang dilaporkan diantaranya :
(1). Pidana Penyalahgunaan Dana Sertifikasi Guru Triwulan (IV) Tahun 2016 senilai (10,7 Miliar). Dana tersebut baru terbayarkan pada Desember Tahun 2017 Melalui Anggaran Pembelanjaan Daerah Perubahan sementara dana tersebut telah Ditransfer melalui Dana (APBN Pada Tahun 2016).
Serta penyalahgunaan dana Tamsil Guru Se Kabupaten Bombana Sebesar (Rp266.775.000 Juta).

BACA JUGA :  Tanpa Konfirmasi, PT. Jhonlin Dianggap Lakukan "PENYEROBOTAN" Lahan Masyarakat

(2). Kasus Gratifikasi Tes CPNS K1 & K2 yang menjerat mantan (Kepala BKD) Bombana Ridwan dan Istri Yang Mencapai (12 Miliar) pada tahun 2013 disinyalir ada keterlibatan beberapa pihak termaksud Bupati Bombana H. Tafdil, pada saat itu Ridwan adalah bawahan Tafdil, Serta Beberapa Anggota DPRD dan Ketua DPRD yang terlibat di Dalamnya.

(3). Dugaan penyalahgunaan wewenang terkait  penerbitan (SK) Izin Usaha Pertambangan PT. Prima Nusa Sentosa yang mana nenurut UU Nomor 4 tahun 2009 Pasal 37 Tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, (IUP) Yang berada pada lintas wilayah Kabupaten/Kota dalam Provinsi menjadi Kewenangan Gubernur.

Sehingga merujuk dari beberapa poin laporan diatas, Yudi selaku Presidium (FMBB) sangat optimisis terkait dugaan “Korupsi” yang dianggap Bupati Bombana juga besar kemungkinan ikut serta terlibat dalam kasus itu, Ujar Yudi.

Namun, Pasca pelaporan yang telah dilayangkan (FMBB) melalui Presidiumnya, Rupanya Membuat Kuasa Hukum (H. Tafdil) Angkat Bicara.

Akhirnya, Kemarin Kamis (29/3) Presidium (FMBB) Yudi Melalui Media Online (Wonuabombana.com) Mengatakan bahwa, Kuasa Hukum (KH), H. Tafdil rupanya “Menampik” tudingan itu yang ditujukan terhadap kliennya.

Se-Olah olah Kuasa Hukum (H.Tafdil SE. MM) memastikan bahwa Kliennya tidak ada keterlibatan. Sementara kita semua pahami (H. Tafdil) adalah Pimpinan dan pengambil keputusan tertinggi. Dia adalah Se-Orang Bupati Kala Itu, Bahkan sampai sekarang “, Tandas Yudi dengan nada lantang.

Jadi, Yudi kembali menegaskan, meskipun (KPK) belum turun investigasi, Presidium (FMBB) Yudi tetap bersikap optimis terkait laporannya akan segera terealisasi. Menurutnya, kita berikan saja kepercayaan terhadap (KPK) untuk mengawal dan memberi kepercayaan kepada institusi penegak hukum agar secara tegas memberantas korupsi tanpa pandang bulu serta selalu meneropong di Daerah-daerah Seperti (Kabupaten Bombana) misalnnya, Ungkap Yudi.

Saya akan tetap patuh terhadap peraturan Perundang-Undangan (UU) yang berlaku dengan senantiasa mengedepankan Asas Praduga Tak Bersalah dan tidak akan mungkin saya memfitnah. Sudah semestinya kita sebagai pemuda, Harus Selalu Mengawasi. Kalaupun tidak bersalah, berikanlah kewenangan terhadap Penegak Hukum, biar mereka yang menyatakan tidak bersalah, jikalau memang tidak ada bukti. TAPI, JANGAN MALAH BERMENTAL DEWA SAAT MEMBELA DIRI. KARNA KITA SEMUA SAMA DI HADAPAN HUKUM “, Pungkas Yudi. (w/b)

Pewarta : SUMARDIN

5 KOMENTAR

  1. Mari kita terus Mengawal pembangunan Daerah dan mari Kita Dukung Kinerja KPK untuk memberantas tindak Pida korupsi

    Hormat saya:
    Presidium FMBB
    yudi utama Arsyad

  2. Polemik yg terjadi di bombana bukan rahasia lg. Bahkan di tengah pendukung yg kita anggap tersandung kasus mendustai nuraninya. Sy bukan siapa siapa. Sy hanya putra asli bombana. Knp kita harus menutup mata apa yg terjadi sebenarnya. Knp harus memaksakan senyum untuk hal yg sejatinya anda tau letak kekeliruanya. Sebagai warga bombana sy sangat setuju atas pelaporan itu..

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here