Beranda BOMBANA Desa Lantawonua Gelar Musyawarah Apresiatif, Dirangkaikan Dengan Sertijab Kades

Desa Lantawonua Gelar Musyawarah Apresiatif, Dirangkaikan Dengan Sertijab Kades

230
0
Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Plt. Kepala Desa (Kades) sebelumnya Janib SP., ke Kades terpilih Hj. Kurniawaty Hasmin M, SP.
Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Plt. Kepala Desa (Kades) sebelumnya Janib SP., ke Kades terpilih Hj. Kurniawaty Hasmin M, SP.

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Desa Lantawonua yang berada di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, Sultra menggelar Rapat Musyawarah Apresiatif yang patut diacungkan jempol. Kenapa tidak, wacana Pemda setempat untuk menjadikan Desa Percontohan perlahan mulai terealisasi.

Salah satunya, undangan rapat yang disebar ke Masyarakat hanya tertera “Musyawarah Apresiatif Desa”, namun berkat kreatifitas panitia, sehingga, sekali rapat, bisa mewakili berbagai kegiatan. Seperti, Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari Plt. Kepala Desa (Kades) sebelumnya Janib SP., ke Kades terpilih Hj. Kurniawaty Hasmin M, SP., tidak lupa pula laporan pertanggung jawabannya. Kemudian laporan pertanggung jawaban Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), dan terakhir penyusunan Panitia Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) Lantawonua.

Olehnya itu, Kepala Dinas (Kadis) Pempeberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Drs. Hasdin Ratta M.Si., pada saat menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka dengan resmi rapat Kamis (31 Januari 2019) menuturkan, jika wacana pemda Bombana inginkan Desa Lantawonua menjadi Desa Percontohan.

Sebab, ada beberapa faktor yang menjadi indikator pendukung menurut kadis. Diantaranya, secara geografis, Letak Lantawonua berada dijantung Kota Kabupaten (Rumbia). Belum lagi mengenai Laporan Administratifnya, juga tergolong cukup baik.

“Langkah yang diambil Desa Lantawonua dalam hal ini Serah Terimah Jabatan dari Kades lama ke Kades baru (terpilih), patut kita apresiasi. Dimana kegiatan ini memang sangat penting, dan baru pertama kali dilaksanakan. Sebab, Kades memang harus melaporkan laporan pertanggung jawabannya didepan masyarakat dan Kepala Desa Terpilih. Sehinggga apa?, segala sesuatunya bisa lebih transpran berapa dana yang telah terpakai dan pembangunan apasaja yang telah dilakukan oleh pemimpin sebelumnya, masyarakat harus tahu itu”, ungkap Hasdin Ratta di Ruang Rapat.

Begitupun terkait BUMDES, untuk Desa Lantawonua kembali mendapatkan Sanjungan dari Kadis. Alasannya, diantara Desa yang ada di Bombana tidak sedikit pengelolaannya mandek atau bermasalah. Sebab, kebanyakan masyarakat habis utang, lantas lari. Akan tetapi di Desa ini, pengelolaannya masih baik dan berjalan lancar.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Hasdin mengucapkan terimakasih terhadap seluruh masyarakat Lantawonua tanpa terkecuali. Dimana penilaian dia, pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa hingga pelintikan yang baru-baru dihelat, tidak ada satupun masalah yang berarti ditengah masyarakat. Meskipun ia menyadari, kalau perbedaan pilihan kemarin pasti ada.

“Saya salut dengan masyarakat Desa Lantawonua yang semakin cerdas dalam berdemokrasi. Meskipun beda pilihan, tapi itu bukan menjadikan suatu masalah. Semoga kedepan, masyarakat akan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta mendukung program kerja Kades terpilih. Sebab, semua program pemimpin bisa terlaksana dengan baik jika mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat”, tutupnya. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here