Beranda BOMBANA Bombana Berbenah, Setiap Instansi Harus Pakai Tanda Tangan Elektronik

Bombana Berbenah, Setiap Instansi Harus Pakai Tanda Tangan Elektronik

77
0
Kalvarios Syamruth - Kepala Dinas Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Bombana.

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Pemerintah Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Tahun 2020, mewacanakan setiap Instansi atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pembuatan Naskah Dinas sudah harus menerapkan Tanda Tangan Eletronik bukan lagi manual atau Tanda tangan basah.

Sebab, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Bombana, Kalvarios Syamruth seusai rapat sosialisasi di Gedung Auditorium Kantor Bupati Bombana (Jum’at 29 November 2019), dengan langkah ini akan lebih mempercepat pelayanan sekaligus untuk mengifisiensi penggunaan alat Kantor.

Menurutnya, Bupati sudah menginginkan penggunaannya itu secepatnya. Namun Pemda masih melihat kondisi daerah dalam menunjang Tanda tangan Eletronik itu. Kemudian dari segi Infrastruktur, daerah belum memiliki sepenuhnya.

Baca Juga : DPM-PTSP Klaim, Rumah Walet di Bombana Sudah Lebih 400 Unit

Kedua, dari Sumber Daya Manusianya. “Makanya langka awal ini, kita perkuat dari Sumber Daya Manusianya dulu. Lewat sosialisasi ini kita berikan pemahaman kepada seluruh Pimpinan (OPD) terkait agar mereka bisa tahu alur Tanda Tangan Eletronik itu bagaimana modelnya”, ucapnya.

Lanjut Kalvarios, selama ini pemahaman penggunaan tanda tangan elektronik hanya sebatas tanda tangan diatas media dengan menggunakan pulpen digital. Namun itu salah, tanda tangan elektronik yang disosialisasikan disini hanya menggunakan barcode.

Kedepan, Tanda tangan elektronik juga harus digunakan Pemerintah Kecamatan. Karena selama ini menggunakan tata naskah dinas, disposisi dan pembuatan (SK) menggunakan tanda tangan basah.

“Jadi tidak ada lagi alasan Kepala OPD, biar berada di luar kota tetap bisa melakukan pelayanan. Ini akan mengurangi penggunaan kertas, tinta dan mengunakan print komputer,”. Tukasnya. (w/b)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here