Beranda BOMBANA Bantuan Dana Pemberdayaan (DAPM) Rarowatu Utara, Masuk Kategori Yang Terbaik

Bantuan Dana Pemberdayaan (DAPM) Rarowatu Utara, Masuk Kategori Yang Terbaik

64
0

WONUABOMBANA.COM, RAROWATU UTARA – Bantuan Dana Amanah Pemberdayaan ¬†Masyarakat (DAPM) Kecamatan Rarowatu Utara, untuk kategori Se Kabupaten Bombana, Kecamatan Rarowatu Utara masuk dalam kategori “Terbaik/Surplus” Urutan yang (Ke-2) setelah Kecamatan Lantari Jaya. Senin (29/1/2018)

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Grafik secara drastis dalam setiap tahunya. “Siklusnya Naik terus dalam setiap tahunya. Bahkan diluar dugaan dari modal awal (Rp749.500.000 Juta) menjadi (Rp1.553.761.457 Milliar) dengan laba bersih sebanyak (Rp804.261.457 Juta) bukankah itu kemajuan yang signifikan”, Jelas I Ketut Sudarpo selaku ketua pengelola (DAPM) Kecamatan Rarowatu Utara.

Bahkan I Ketut Klaim, sejak awal tahun terbentuknya bantaun dana pemberdayaan masyrakat ini yang dulunya bernama (PNPM) Sejak tahun (2009-2014 akhir), setelah itu berganti nama hingga sekarang menjadi (DAPM), pihaknya telah banyak membantu masyarakat kecil/miskin terkhusus masyarakat Kecamatan Raowatu Utara.

“Tidak salah bila Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) bisa meningkat jauh lebih cepat ketimbang bantuan yang lain. Sebab, selain bunganya murah (Hanya 1,5 persen), kami juga masih memberikan kelonggaran bila jatuh tempoh masyarakat yang belum punya “Uang”. Dan kami lebih pilih lakukan pendekatan persuasif”, Katanya.

Namun Lanjutnya, bukan berarti peminjam tidak menyertakan jaminanya (Borok). Tetapi kami disini lebih untuk memberdayakan masyarakat paling tidak menekan angka kemiskinan yang sejalan dengan Visi & Misi (DAPM) begitupun program pemerintah, Ucap I Ketut, dengan wajah sumbringah.

Bahkan dalam tahun ini, sebanyak 19 jt dari dana (DAPM), dialokasikan buat Bantuan Sosial Masyarakat yang benar benar layak mendapatkan. Seperti Janda, Lansia, Masih Sehatpun Namun tergolong susah, tetap akan diberikan bantuan secara Gratis yang berada di Kecamatan Rarowatu Utara tentunya.

Senada dengan itu, pernyataan tersebut dibenarkan oleh Ketua Asosiasi Unit Pelayanan Kecamatan (DAPM) Kabupaten Bombana (Sultra) yakni, Herdin, SE. Menurutnya, dia bangga atas pencapaian pengurus dalam mengolah Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) stiap kecamatan terkhusus Lantari Jaya dan Rarowatu Utara.

“Kecamatan Lantari Jaya dan Rarowatu Utara memang merupakan kecamatan yang memiliki simpanan dana atau penghasilanya itu yang terbilang cukup tinggi”, Ujarnya.

BACA JUGA :  Ahmad Nompa : Partai Perindo Bombana Siap Menangkan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar

Kata Herdin, dari awal tahun 2009 hingga berakhirnya (PNPM) pada tanggal 31-Desember-2014, sebanyak 22 kecamataan yang ada di Bombana masih mengelola (PNPM) Kala itu. Namun sejak awal tahun 2015 hingga kini yang mengelolah dana tersebut tinggal 19 Kecamatan.

“Sejak berganti nama, Menjadi (DAPM) ada sebanyak 3 Kecamatan yang sudah tidak mendapatkan bantuan lagi Yakni, Kecamatan Kabaena Tengah, Kecamatan Kabaena, dan Kecamatan Poleang Barat. Bahkan Alhamdulillah dana awal sebelumnya di kabupaten hanya 20 Miliar, Namun kini telah menjadi sebanyak 30 Miliar”,.

Harapanya, semoga dana ini akan terus bertamabah. Katanya, dana yang ada sejak awal hingga kini itu, sudah tidak ada lagi bantuan dari pemerintah pusat. Namun, hanya dana yang ada yang terus dikelolah hingga menembus angka “Fantastis” Seperti sekarang ini, Tutupnya. (w/b)

Pewarta : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here