Beranda Entertainment Asli Putri Kabaena Wakili SULUT di LIDA Indosiar

Asli Putri Kabaena Wakili SULUT di LIDA Indosiar

44
0

WONUABOMBANA.COM, RUMBIA – Salah satu ajang pencarian bakat yang diselenggarakan dan disiarkan langsung oleh stasiun TV Nasional (Indosiar) kian membuming diseluruh pelosok Negeri dan telah dinanti-nantikan oleh penggemar musik Dangdut sejagad raya ini.

Event inipun tak luput dari perhatian Masyarakat Bombana, dimana masyarakatnya lebih dominan adalah pecinta musik dangdut. Terlebih lagi ketika mendengar informasi bahwa ada salahsatu “Asli Putri Kabaena” yang menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Yang Jelas Temokole Kabaena Bombana Sultra Mari Kita Dukung Semoga Sukses” Ungkap salah seorang Netizen dalam sebuah komentar.

Melalui sebuah postingan akun pribadi “Anthy Damayanti Kabaena” menjelaskan tentang silsilah keluarga besarnya yang mengaku bahwa dirinya adalah keturunan asli Kabaena. (17/02/2018)

“Kebanggaan kita masyarakat Kabaena disatu sisi dan di sisi lain menimbulkan kebimbangan bagi warga Kabaena terkhusus masyarakat Teomokole tentang asal saudari Anthy tentang siapa kira-kira Musa dan keluarganya di Teomokole, olehnya itu saya ingin mengajak kita berspekulasi tentang silsilah nasab keberadaan Anthy, (kalau benar, ALHAMDULILLAH dan bila salah jangan di cemooh apa lagi mendongkol)”, Ujar Anty Melalui Akun Sosialnya.

Sebagaimana informasi awal bahwa Buyut Anthy bernama Musa asli Kabaena asal Teomokole. Setelah penjajakan beberapa hari ini, akhirnya ditemukan bahwa ada warga Teomokole bernama Ndela yang dulu tinggal di Manado.

Alkisah dari Tuan Guru Hasan diceritakan bahwa awal mula Ndela meninggalkan Kabaena menuju Makassar tahun 1932 melanjutkan pendidikan 3 Tahun bersama Ahmad Sjafiuddin, Poonggi Abdul Razak, ayahnya Jumiati Razak dan Ndela Musa (dua orang ini sekolah Agama di Makassar dan Sjafiuddin sekolah di Gouvernement Shaches School).

Kemudian balik ke Kabaena menikah dengan ibunya Ahmar dikaruniai 2 orang anak yakni Nona Guru Haeria dan Husain. Setelah insiden Bau-Bau 1948, beliau Ndela menuju Kalimantan bertemu di sana Mbue Desa Andi Husain Ayah dari Mokole Swan.

Dari Kalimantan Ndela ke Manado dan jadi tentara, peristiwa PRRI/PERMESTA Ndela terlibat didalamnya, kemudian meninggalkan dinas ketentaraan dan tidak pernah di dengar lagi Kabar beritanya.

Prediksi sementara mungkin setelah peristiwa pemberontakan PRRI/PERMESTA, Ndela Musa mengarah ke Desa Kima Bajo, atau entahlah. TERIMAKASIH ” Uraianya. (w/b)

Penulis : SUMARDIN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here